Pentingnya Penggunaan Brosur Untuk Promosi

Penggunaan brosur untuk promosi merupakan salah satu ujung tombak yang dimiliki perusahaan untuk meningkatkan pendapatannya. Secara definisi, brosur memang hanya sehelai kertas di mana di dalamnya terdapat tulisan atau gambar yang menunjukkan suatu maksud tertentu. Namun, jika seseorang mampu mendesainnya dengan sangat apik serta memberikan konten yang cukup mengena di hati yang membacanya, jelas ini akan sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan pencapaian tujuan dari pembuatan brosur tersebut.

Fungsi Brosur
Bagi sebuah perusahaan, brosur mempunyai fungsi yang sangat fundamental. Kehadirannya mampu memberikan jalan bagi perusahaan untuk menjaring konsumen lebih banyak. Sebenarnya, apa saja fungsi dari brosur tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya.

Sebagai Media Informatif
Artinya, brosur untuk promosi harus bisa memberikan berbagai informasi yang ingin disampaikan kepada pembacanya, baik informasi produk maupun jasa. Oleh karena itu, maksimalkan luasan brosur yang sangat terbatas untuk bisa memberikan beberapa poin informasi penting di perusahaan Anda.

Sebagai Media Advertising
Artinya, konten yang ada dalam brosur harus semaksimal mungkin dibuat untuk mempromosikan sesuatu yang ingin ditawarkan kepada publik. Nah, agar fungsi ini dapat maksimal, sudah pasti brosur untuk promosi harus dibuat menarik dan unik, sehingga banyak orang yang langsung “jatuh hati” begitu membacanya.

Sebagai Media Identifikasi
Artinya, sebuah brosur yang dibuat cukup unik dan menarik akan menjadi ciri khas alias identifikasi dari perusahaan tersebut. Begitu seseorang melihatnya, sudah bisa menebak perusahaan yang mengeluarkannya. Jika hal ini dibarengi dengan kualitas produk atau jasa yang tinggi, sudah pasti branding dari perusahaan tersebut akan semakin terangkat. Dan kami menawarkan cetak brosur dengan harga murah dan kualitas apik, bisa dilihan dengan  klik link disini.

Keunggulan Brosur Untuk Promosi Produk
Meskipun tergolong media konvensional untuk berpromosi, brosur mempunyai keunggulan tersendiri dibanding dengan menggunakan media lain. Berikut ini beberapa keunggulan brosur sebagai ajang promosi perusahaan:

Sederhana dan tidak rumit, sehingga pembaca bisa langsung menerima isi dari brosur tersebut.
Mudah dan murah, karena brosur dapat dengan mudah dipesan dari perusahaan percetakan dengan harga yang cukup bersaing.
Lebih lengkap dan detail dibanding berpromosi dengan media digital.
Tidak dibutuhkan alat lain untuk mengetahui konten brosur selain mata.
Lebih fleksibel di bawa ke mana-mana karena biasanya mempunyai bentuk cukup mini.
Siapa pun bisa langsung diberi brosur tanpa harus menggunakan metode tertentu.
Dapat disimpan dan dibaca berulang-ulang saat dibutuhkan.
Sistem jemput bola (langsung diberikan) yang diterapkan pada brosur membuat media ini bisa langsung menuju target sasaran pemasaran.
Jenis-Jenis Brosur untuk promosi yang sering digunakan
Saat hendak mencetak sebuah brosur, Anda harus mengetahui jenis brosur apa yang ingin Anda buat. Bahkan, penentuan jenis brosur untuk promosi ini sudah harus Anda pastikan sebelum mendesainnya. Sebab, desain brosur akan tampak menarik jika disesuaikan dengan jenis brosur yang akan dibuat. Saat ini ada beberapa jenis brosur yang biasa digunakan, antara lain:

Brosur lipat tiga. Brosur ini biasanya dibuat dari kertas ukuran A4, kemudian dilipat menjadi tiga secara horisontal. Brosur ini sangat cocok digunakan jika ingin menampilkan konten maupun gambar dalam jumlah banyak.
Brosur lipat dua. Brosur ini terbuat dari kertas A4, kemudian dilipat menjadi dua bagian yang sama secara horisontal. Brosur ini bisa dipilih jika ingin menampilkan gambar dengan ukuran cukup besar.
Brosur tanpa lipatan. Brosur ini bisa dibuat dari kertas A4, A5, atau DL (ukuran 10 x 21 cm).
Tips Membuat Brosur yang Menarik
Seperti telah dijelaskan di atas, agar dapat berfungsi secara maksimal, sebuah brosur harus dibuat semenarik mungkin. Hal inilah yang menuntut seseorang atau sebuah perusahaan untuk bisa membuat sebuah brosur menarik. Berikut ini tiga tips yang bisa Anda gunakan saat membuat brosur yang menarik itu.

Tentukan ukuran kertas secara tepat. Usahakan agar brosur tidak terlalu besar karena akan menyulitkan dalam hal mobilitas. Pastikan ukuran brosur yang digunakan berukuran cukup untuk dapat dimasukkan kedalam tas ataupun map.
Buat judul yang menarik. Beri Judul yang berkesan sehingga dapat diingat dengan sekali baca sehingga audiens akan selalu memikirkan anda sebagai penyedia jasa saat ia membutuhkannya.
Buat desain yang menarik. Desain yang tidak monotan dan paduan warna yang nyaman akan membuat orang tertarik untuk melihat isi dari brosur tersebut. Jika desain yang digunakan terkesan monoton, maka akan sangat mungkin terjadi brosur akan langsung dibuang tanpa dilihat.
Untuk menghasilkan kualitas cetak yang lebih maksimal, Anda dapat memilih tempat percetakan offset yang menggunakan tinta cetak offset yang berkualitas.
Hingga saat ini, media brosur tetap masih digunakan oleh banyak perusahaan untuk mempromosikan produk maupun jasanya. Hal ini tentu tidak lepas dari keunggulannya yang lebih tepat sasaran. Jasa cetak brosur pun akhirnya bermunculan untuk mendukung keinginan perusahaan dalam meningkatkan incomenya. Itulah alasannya mengapa promosi tidak bisa lepas dari penggunaan brosur sebagai medianya.

Share this post