Pengertian Brosur dan Kelebihannya Dibandingkan dengan Media Promosi Lainnya

Brosur adalah salah satu media cetak yang memuat informasi mengenai suatu hal tertentu. Informasi tersebut dapat berupa kampanye, sosialisasi, hingga promosi usaha. Brosur memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang tidak bisa didapatkan dari media cetak lainnya. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui hal-hal mengenai brosur, bahkan ada yang sama sekali tidak mengetahui pengertian brosur. Yuk, simak ulasannya!

Berbagai Pengertian Brosur

Hampir semua orang pasti sudah tak asing bila mendengar kata brosur. Tapi, sebenarnya apa sih pengertian brosur itu sendiri? Secara umum, brosur adalah suatu alat untuk mempromosikan sesuatu, baik itu usaha, barang, jasa, maupun kegiatan tertentu. Brosur itu sendiri terbuat dari kertas yang memiliki sejumlah informasi dan penawaran di dalamnya.

Selain itu, brosur juga dapat disebut sebagai alat publikasi resmi dari suatu perusahaan yang mempunyai bentuk cetakan, memiliki beragam informasi, dan ditujukan kepada sasaran tertentu. Informasi pada brosur disampaikan dengan cara dibagikan kepada masyarakat luas secara gratis. Pembagian brosur secara gratis ini bertujuan untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan dan membantu upaya pemasaran.

Adapula yang menganggap pengertian dari brosur itu sendiri ialah sebuah buku yang diterbitkan secara tidak berkala dan terdiri dari satu hingga beberapa halaman kecil. Bila brosur dibuat dalam bentuk buku yang terdiri dari halaman-halaman kecil, buku brosur tersebut tidak terikat dengan terbitan lain atau selesai dalam satu kali terbit.

Kelebihan Brosur

Sebagian besar perusahaan menggunakan brosur sebagai strategi pemasaran jasa atau produknya. Strategi ini sudah terbukti ampuh dan efisien karena pelaku bisnis langsung mengenalkan produk dan memberikan informasi kepada target pasar. Mengingat perannya sebagai media promosi, brosur memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan media promosi lainnya. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Target Pasar Lebih Spesifik

Keunggulan dari penggunaan brosur yang pertama adalah para pelaku bisnis dapat membagikan brosur di tempat yang sesuai dengan target pasar perusahaan. Pelaku bisnis sebaiknya menentukan target pasar terlebih dahulu, baru kemudian mencari tempat yang strategis untuk membagikan brosur. Bila target pasar memang sudah sesuai, maka perusahaan dapat langsung menarik pembeli hanya dengan membagikan brosur tersebut.

2. Mampu Memuat Informasi yang Beragam

Meskipun hanya berupa satu lembar atau beberapa lembar kertas kecil, brosur dapat menampung berbagai macam informasi, loh! Informasi tersebut dapat dimuat secara lengkap, mulai dari informasi perusahaan, cara penggunaan produk, informasi detail produk, spesifikasi, bahkan hingga informasi diskon. Hal ini bertujuan sebagai sarana komunikasi antara penjual dan calon pembeli.

3. Mendatangkan Pelanggan Baru

Setiap kegiatan promosi tentunya memiliki tujuan dan jenis promosi yang berbeda-beda. Tujuan utama brosur adalah untuk memberikan informasi kepada calon pembeli sekaligus membuatnya tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan tersebut. Bila brosur didesain dengan baik dan menarik, tentunya akan mendatangkan banyak pelanggan baru yang menguntungkan perusahaan.

4. Membangun dan Mempertahankan Kepercayaan Pelanggan

Brosur juga dapat membantu mempertahankan atau bahkan membangun kepercayaan pelanggan, loh! Seberapa seriusnya perusahaan menjalani bisnis dapat terlihat dari brosur yang dibuat. Brosur mampu memberikan pesan tersirat kepada pelanggan dan mampu mempengaruhi kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, desainlah brosur sebaik mungkin agar pembeli percaya dan yakin saat membuat keputusan.

5. Harga Ekonomis

Salah satu alasan yang juga mempengaruhi popularitas dari penggunaan brosur adalah harganya yang ekonomis. Banyak perusahaan yang masih menggunakan brosur sebagai media promosi karena harganya yang murah. Brosur dapat dicetak dengan mesin offset atau digital offset. Banyaknya brosur yang dicetak pun dapat disesuaikan dengan keperluan, sehingga biaya yang diperlukan dapat disesuaikan dengan budget perusahaan.

Itulah ulasan mengenai pengertian brosur dan kelebihannya dibandingkan dengan media promosi lainnya. Bila pelaku bisnis ingin mengetahui seberapa efektif penggunaan brosur tersebut, tambahkan kode pada brosur supaya jumlah pembeli yang ditarik brosur dapat dihitung. Sebuah brosur harus didesain unik dan sebagus mungkin hingga mampu menyampaikan pesan penting dan menarik pelanggan. Semoga bermanfaat, ya!

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
My Cart
Cart